Google
WELCOME TO DAILY WISDOM

Thursday

TIDAK BERBUDI

Disebuah hutan belantara, hidup berbagai jenis hewan liar, dan seperti biasa mereka menjalani kehidupan sehari hari mereka..............

Suatu hari, seorang pemburu memangsang perangkap untuk menangkap hewan hewan liar............
Kebetulan seekor singa yang menginjak perangkap si pemburu, dan akhirnya singa pun terjebak dan masuk dalam perangkap si pemburu..........................

Karena berada dalam perangkap dan merasa nyawanya terancam, maka dia pun berteriak minta tolong......................
Waktu itu seekor rusa sedang lewat di depan perangkap tersebut, melihat rusa lewat.................singa dengan manis menyapa rusa dan minta tolong.

Singa berkata : “Wahai rusa sahabat baik ku, tolong lepaskan saya dari perangkap ini, kelak kamu akan menjadi sahabat terbaik ku di hutan ini, dan saya akan memberi perlindungan kepada kamu.....saya jamin tidak ada seekor hewanpun di dalam hutan ini yang berani mengganggu anda“

Mendengar singa minta tolong, dan janji janjinya.......akhirnya rusa pun mau menolong singa melepaskan diri dari perangkap.

Tidak lama setelah singa terbebas dari perangkapnya.......niat buruknya pun muncul, kali ini singa ingin memakan si rusa, tetapi karena sebelumnya singa telah berjanji ingin melindungi rusa maka singa perlu mencari alasan yang tepat agar kelak tidak dituduh ingkar janji dan tidak berbudi.

Maka singa pun berkata kepada rusa : “Rusa, sahabat baik ku...............tadi kamu telah menolong saya keluar dari perangkap pemburu,....... tetapi sekarang ini saya lapar sekali, sudah hampir 1 minggu saya belum makan, apabila belum mendapat makanan maka saya akan segera mati. Sebagai sahabat baik, bukankah kamu harus membantu saya sekali lagi ?”

Mendengar ucapan tersebut, rusa merasa nyawanya terancam, karena singa telah berencana untuk memakannya, maka dia pun tidak berani menjawab apapun.
Melihat rusa hanya diam, maka singa tidak kehabisan akal, dan dia berkata : “bagaimana kalau pendapat saya tadi kita tanyakan kepada binatang binatang lain di hutan ini?”
Akhirnya rusa pun setuju, dan mereka mulai berjalan mencari binatang lain untuk dimintai pendapat.

Binatang pertama yang mereka jumpa adalah seekor kelinci, singa kemudian bercerita kepada kelinci, tetapi karena kelinci takut dengan singa, dan apabila salah menjawab maka nyawanya ikut terancam maka kelinci pun berdalih kalau dia sedang sakit dan tidak memiliki akal yang baik untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Karena tidak mendapat jawaban dari kelinci, mereka terus berjalan dan mencari binatang lain.........
ketemu lah mereka dengan kancil yang sedang istirahat dibawah pohon, dan singa pun menceritakan keadaannya mulai dari awal...............

Kancil menyadari posisi rusa sedang berbahaya, dan dia mencari akal untuk menolong rusa. Maka dia berkata kepada singa : “Bapak Singa, apa yang anda ceritakan kurang bisa saya pahami, maklum saya ini agak pikun, supaya bisa menjawab dengan baik bisakan anda tunjukan dari awal bagaimana anda terperangkap oleh perangkap pemburu ?”

Mendengar permintaan kancil, akhirnya singa dan rusa kembali ketempat awal.............
Untuk memberikan penjelasan supaya dipahami oleh kancil, maka si singa memasukan dirinya kembali dalam perangkap yang dibuat oleh pemburu..................

Setelah yakin singa tidak dapat keluar dari perangkapnya, maka kancil pun berkata : “Binatang yang tidak berbudi, kembalilah ke perangkap mu”

MOISSANITE

GERBANG INFORMASI KOTA BATAM

CERITA LUCU

Google